9 Fakta Mengejutkan Film Duka Sedalam Cinta!

Screen Shot 2017-09-26 at 10.37.13 AM

Setelah lama ditunggu, Film Duka Sedalam Cinta dari KMGP Pictures akan tayang 19 Oktober. Film ini merupakan sekuel dari Ketika Mas Gagah Pergi yang ditayangkan 2016 lalu.  Tak banyak yang tahu bahwa ada sederet fakta mengejutkan di balik film yang disutradarai FirmanSyah, dan didukung aktor dan aktris papan atas seperti Wulan Guritno, Ali Syakieb, Abdur Arsyad, Mathias Muchus, Epy Kusnandar, Muhammad Cholidi Asadil,  hingga Endy Arfian yang tampil sebagai cameo. Ini tentu selain para pemeran utama empat bintang baru: Hamas Syahid, Aquino Umar, Masaji Wijayanto dan Izzah Ajrina.

Apa saja fakta-fakta itu?

  1. SHOOTING DI PULAU CANTIK TAK BERPENGHUNI:094707300_1470817738-pulau_widi2Beberapa adegan dalam film Duka Sedalam Cinta diambil di Pulau Widi, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Terdapat sekitar seratus pulau di gugusan kepulauan Widi saja, Film DSC shooting di salah satu pulau yang paling cantik namun tak berpenghuni. Mendatangkan 100 figuran dengan kapal laut yang menempuh 5 jam perjalanan dari Labuha, Halmahera Selatan, para bintang dan kru harus siap tidur di tenda dan menggunakan kamar mandi darurat.
  2. HAMPIR MATI DI LAUT:  Pemeran Gagah, yaitu Hamas Syahid, mengaku merasa antara hidup dan mati saat diminta sutradara menahan napas 15 detik saat pengambilan gambar di bawah laut. Adegan ini termasuk yang memakan waktu lama untuk shooting. Hamas yang juga seorang penghafal Al Qur’an itu menyatakan betapa maut sangat dekat dengannya saat itu.
  3. SHALAT ISTIKHARAH 2,5 BULAN:  Ustadz Salim A. Fillah tidak langsung menjawab saat diminta Produser Helvy Tiana Rosa untuk turut bermain dalam DSC sebagai Kyai Ghufron.  Ustadz muda tersebut meminta waktu untuk istikharah. Setelah istikharah 2,5 bulan, akhirnya pengelola Masjid Jogokariyan Yogyakarta itu baru mengiyakan.  Salim melakukan adegan-adegannya sendiri termasuk turun ke laut. Kakinya sempat luka-luka tertusuk pecahan karang.
  4. MODEL ITU BERDAKWAH DALAM BUS KOTA :  REZ_1466 Quote 10 copyMasaji Wijayanto Berperan sebagai pendakwah jalanan dalam DSC,  padahal anak muda tersebut mengaku justru ia baru belajar Islam di film ini. Latar belakang Masaji adalah model dan bintang iklan. Ia merupakan Juara I Cover Boy thn 2012 dari sebuah majalah remaja terkenal! Saat shooting film Duka Sedalam Cinta ia baru berusia 19 tahun, namun berperan sebagai pria berusia 23-27 th!  Masaji sempat melatih dirinya berceramah di bus dan angkot, untuk menyelami karakter Yudi.
  5. PEMERAN UTAMA MENDADAK BERHIJAB:    15036539_10154659838587693_3200631421481852858_nPemeran utama Aquino Umar (Noy) tiba-tiba memutuskan mengenakan jilbab usai shooting. Gadis feminin yang menjiwai perannya sebagai adik perempuan yang tomboy ini sebelumnya datang casting dengan mengenakan baju terbuka dan celana pendek. Hidayah selalu menjadi misteri, dan Allah memberikannya pada siapa yang Dia kehendaki.
  6. DIPAKSA MENULIS PUISI:   Helvy Tiana Rosa mengumpulkan puisi-puisinya, termasuk yang dirilis di akun instagram @puisihelvy untuk menjadikannya buku Duka Sedalam Cinta, enam bulan sebelum film DSC rilis. Helvy juga “memaksa” keempat bintang muda pemeran utama DSC yang belum pernah menulis sebelumnya, untuk menyumbang masing-masing sebuah puisi di buku tersebut.  Ternyata puisi mereka cukup bagus! Saat buku DSC jadi, spiritnya sangat sesuai dengan spirit film Duka Sedalam Cinta.
  7. LAGU HIJRAH SANG PRODUSER:  Lagu “Jalan yang Kupilih” yang dinyanyikan Hamas Syahid dalam film, merupakan puisi tentang hijrah yang ditulis Helvy Tiana Rosa saat ia memutuskan berhijab 2 April 1988. Dibuat dan ditata musiknya oleh Dwiki Dharmawan, lagu ini sangat pas dibawakan Hamas Syahid dan ditujukan untuk generasi muda zaman sekarang.
  8. ORKESTRA DARI PRAHA:   International-Jazz-Day-in-Ukraine_3-884x480Dwiki Dharmawan mengerjakan musik film Duka Sedalam Cinta hingga ke Praha. yang melibakan orkestra di sana, yaitu Czech Symphony Orchestra. Terdapat 3 lagu indah dalam film ini yang dinyanyikan Ita Purnamasari, Indah Nevertari dan pemeran utamanya: Hamas Syahid.
  9. PENULIS BEST SELLER DIPAKSA KAKAK UNTUK BERAKTING:
    OLYMPUS DIGITAL CAMERA

    OLYMPUS DIGITAL CAMERA

    Asma Nadia merupakan novelis best seller Indonesia yang karya-karyanya telah difilmkan antara lain Emak Ingin Naik Haji, Rumah Tanpa Jendela, Assalaamu’alaikum Beijing, Surga yang Tak Dirindukan, Jilbab Traveler, Cinta Laki-Laki Biasa, Pesantren Impian, dll.  Ia merupakan adik dari Helvy Tiana Rosa.  Kali ini Asma diajak ikut bermain film untuk pertamakalinya. “Tepatnya dipaksa, ” kata Asma tertawa. “Alhamdulillah Filmnya bagus jadi saya malah menikmati dan akhirnya tidak terpaksa.  Untungnya lagi dulu saya anak teater,” tambah Asma sumringah.

Kita saksikan film Duka Sedalam Cinta, 19 Oktober 2017. Yuk dukung dengan beramai-ramai nonton di hari pertama!

3 Comments

Filed under Acara, Agenda, Foto, Jurnal, Kabar, Karya, Lainlain, Novel, Puisi, Sketsa

3 responses to “9 Fakta Mengejutkan Film Duka Sedalam Cinta!

  1. Pingback: 9 Fakta Mengejutkan Film Duka Sedalam Cinta | Suara Alifuru

  2. Ahmad Nahrowi

    Mari kuta hadikan film sbg media.dakwa dlm mensyrkan Islam di tanah air Indonesia tercinta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s